Friday, July 29, 2011

Kehilangan Keberanian

The Lights
Photo by Sammy Palit
Ia yang kehilangan kekayaan kehilangan banyak; ia yang kehilangan teman kehilangan lebih banyak; tapi ia yang kehilangan keberanian kehilangan segala- galanya. Miguel De Carvantes

Keberanian memang sangat penting kalau tidak mau dibilang segalanya. Untuk bangkit dari kejatuhan, untuk bertumbuh mengahadapi tantangan, untuk menjadi besar dimasa depan bahkan untuk hidup dalam kebenaran tanpa keberanian tidak akan pernah terjadi.

Pasti tidak akan ada pesawat bila Write bersaudara tidak memiliki keberanian untuk mencobanya, mungkin juga saat ini kita tetap hidup dengan lilin dan obor bila Einstein tidak berani mencoba penemuan- penemuannya.

Kemajuan dunia kita saat ini, di hampir semua bidang, diawali dari sebuah keberanian. Jadi benarlah apa yang Carvantes katakan bahwa bila kita kehilangan keberanian berarti kehilangan segalanya, bukan hanya itu, tapi juga kuasa dan kekuatan iman.

1 comment:

  1. yes... saya setuju, trims renugan ini sangat membangun gairah saya untuk memulai sesuatu yang baru buat pada saat ini, sekalipun berat saya rasakan tapi saya akan mencoba terus. GBU

    ReplyDelete